SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI DESA BOJONG KECAMATAN NAGREG KABUPATEN BANDUNG -- selengkapnya...

Artikel

LAUNCHING SABILULUNGAN TANAM POHON KESAYANGAN (SATAPOK)

25 Maret 2019 08:58:51  Administrator  190 Kali Dibaca  Berita Desa

GERAKAN penanaman pohon melalui program sabilulungan tanam pohon kesayangan (satapok) terus digalakan di tanah carik desa milik Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung, Sabtu (23/3/2019). Gerakan satapok ini terus digulirkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung bersama masyarakat sekitar, selain jajaran Muspika Nagreg, aparatur desa dan pihak lainnya. 

Sekitar 1.500 pohon produktif untuk kesejahteraan masyarakat turut ditanam di kawasan perbukitan dan pegunungan Desa Bojong tersebut. Gerakan penanaman pohon itu pada lahan carik Desa Bojong seluas 27 hektare. 

Bupati Bandung H. Dadang M. Naser mengatakan, gerakan menanam pohon dalam program sabilulungan tanam pohon kesayangan (satapok) rutin dilaksanakan selama empat bulan mendatang. Bahkan, Pemerintah Kabupaten Bandung menyebutkan bulan menanam karena masih didukung dengan kondisi cuaca masih cukup banyak curah hujan.

"Bulan menanam ini, Pemkab. Bandung bersama rakyat atau masyarakat untuk sama-sama berperan aktif dalam melaksanakan penanaman pohon keras," harap Dadang kepada wartawan saat melaksanakan penanaman pohon di tanah carik Desa Bojong Kecamatan Nagreg. 

Bupati mengungkapkan, sejumlah pohon keras yang ditanam itu yakni berupa tanaman alpuket, nangka, salam, aren dan jamblang. "Tanaman keras yang kita tanam itu pada lahan carik Desa Bojong. Tanaman itu merupakan milik rakyat dan desa, sehingga untuk dilakukan pemeliharaan. Sementara kami dari Pemkab. Bandung hanya melaksanakan penanaman dan mengajak masyarakat untuk sama-sama cinta pohon melalui gerakan penanaman satapok," kata Dadang.

Ia pun mengatakan, Pemkab Bandung akan terus menyiapkan pohon keras atau tanaman produktif untuk ditanam pada lahan kritis dan lahan milik carik desa. 

"Gerakan penanaman pohon ini untuk kelestarian lingkungan dan supaya air tetap lestari. Selain itu untuk mewariskan lingkungan lebih baik lagi bagi generasi mendatang. Melalui gerakan menanam pohon ini untuk keselamatan dan bekal di akhirat nanti, selain memberikan manfaat bagi masyarakat luas," harap bupati.

Dadang mendorong kepada pemerintahan desa di Kecamatan Nagreg untuk menyisihkan anggaran dari pos alokasi dana perimbangan desa (APBD) untuk belanja pohon keras guna penghijauan di desanya. Selain itu, masyarakat juga bisa memberikan infaq atau shodakoh guna penanaman pohon. 
"Penanaman pohon produksi itu, selain daunnya bermanfaat untuk pakan ternak, dan buahnya yang masih muda seperti tanaman nangka  bisa dibuatkan sayuran gudeg," ungkapnya. 

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung Asep Kusumah mengatakan, gerakan sabilulungan tanam pohon kesayangan (satapok) di kawasan perbukitan Desa Bojong Kecamatan Nagreg tersebut dalam upaya mendorong program bupati Bandung yang mengharapkan kawasan tersebut menjadi "kampung alpuket, duren, nangka, aren, sereh wangi dan tanaman produktif lainnya". 

Asep mengatakan, berbagai jenis pohon produktif itu, yaitu mencapai sekitar 1.500 pohon yang ditanam. "Tanaman pohon produktif untuk kesejateraan masyarakat itu, ditanam pada lahan carik Desa Bojong. Kebetulan ada lahan carik desa seluas 27 hektar yang bisa ditanami pohon produktif"  kata Asep.

Ia mengtakan, pentingnya penanaman pohon di kawasan perbukitan itu, untuk mengurangi atau meminimalisir risiko bencana alam, seperti banjir bandang. 

"Penanaman pohon produksi ini untuk mengurangi aliran air hujan yang berpotensi menggerus bagian atas tanah (top soil). Selain itu untuk mengurangi risiko ancaman banjir dan longsor. Jika kawasan perbukitan itu minim pohon tegakan rawan terjadinya longsor," katanya.

Asep pun berusaha untuk melakukan pendekatan kepada warga, khususnya para pemilik lahan bekas galian untuk  memproduksi bata merah. "Kita melakukan pendekatan kepada masyarakat, khususnya pemilik lahan untuk melakukan penanaman pohon produksi yang dapat memberikan kesejahteraan bagi para pemilik lahan," katanya.

Anggota DPRD Kabupaten Bandung H. Cecep Suhendar menyatakan, gerakan penanaman pohon (satapok) ini sangat tepat dilaksanakan di Kecamatan Nagreg. Mengingat, Nagreg salah satu wilayah bukit dan gunung.

"Dengan adanya gerakan penanaman pohon ini sangat mendukung terhadap program penguatan tanah, selain itu dapat menahan aliran air hujan dan erosi tanah," kata Cecep.

Ia berharap program satapok ini perlu terus dikembangkan untuk penghijauan di lahan kritis di Kabupaten Bandung. 

"Dengan harapan kedepannya tidak ada perbukitan atau gunung yang gundul. Kami juga mendorong masyarakat untuk sama-sama menanam, mengingat saat ini merupakan bulan menanam," ungkapnya. 

Cecep mengatakan, program satapok ini merupakan program unggulan di Kabupaten Bandung. Tak hanya menjadi program prioritas pemerintah, kata Cecep, program satapok ini merupakan program yang melibatkan  masyarakat untuk lebih masif lagi dalam melaksanakan gerakan penanaman pohon. 

"Program satapok ini meupakan milik masyarakat, sehingga masyarakat harus secara masif melaksanakan penghijauan pada lahan kritis," pungkasnya. 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Informasi COVID-19 Kabupaten Bandung

KLIK GAMBAR DIBAWAH INI ..... !!!

Aparatur Desa

Peta Desa

Sinergi Program

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Bojong Kp. Durung RT. 004 RW. 002 Desa Bojong Kecamatan Nagreg
Desa : BOJONG
Kecamatan : Nagreg
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40215
Telepon : 2207951457
Email : nagreg.bojong02@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:137
    Kemarin:622
    Total Pengunjung:78.514
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:202.180.16.2
    Browser:Tidak ditemukan